Sekilas tentang Pondasi Bor Pile (Pondasi Caissons)

Proyek Sipil | 10.32 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pondasi Caissons (Bor Pile) adalah bentuk Pondasi Dalam yang dibangun di dalam permukaan tanah. Pondasi di tempatkan sampai ke dalaman yang dibutuhkan dengan cara membuat lobang dengan sistem pengeboran atau pengerukan tanah.

Setelah kedalaman didapatkan, lalu dilakukan Pemasangan Besi Penulangan Pondasi seperti gambar diatas, kemudian dilakukan Pengecoran pada lobang yang sudah di bor tersebut.

Cara pengeboran dapat dialakukan dalam berbagai jenis, baik dengan cara Manual maupun cara Hidrolik. Besar diameter dan kedalaman galian dan juga sistem Penulangan Beton didisain berdasarkan Daya Dukung tanah dan jumlah Beban Konstruksi yang akan dipikul.

Sistem kerja pondasi ini hampir sama dengan Pondasi Pile (Tiang Pancang), yaitu meneruskan Beban Stuktur Bangunan diatas, ke tanah dasar dibawahnya. Untuk itu sebelumnya diperlukan kegiatan Sondir, supaya diketahui pada kedalaman berapa Meter (dibawah Permukaan Tanah) yang memiliki Daya Dukung yang cukup kuat.

Jenis Pondasi ini cocok digunakan untuk lokasi pekerjaan yang disekitarnya dekat dengan bangunan orang lain, karena proses pembuatan pondasi ini tidak menimbulkan efek getar yang besar, seperti pelaksanaan Pondasi Pile (Tiang Pancang), yang pemasangannya dilakukan dengan Cara Pemukulan menggunakan Beban (Hammer).


Advertisement




Komentar :

Category: ,